Inilah 5 Perbedaan Al-Quran dan Kitab-kitab Sebelumnya

Salah satu dari rukun iman adalah iman kepada kitab-kitab Allah SWT. Iman adalah perbuatan membenarkan di dalam hati, diikrarkan dengan lisan dan dibuktikan dengan perbuatan.

Kitab-kitab Allah SWT yang harus kita imani keberadaannya adalah kitab Taurat yang yang diturunkan kepada Nabi Musa A.S, kitab Zabur yang diturunkan kepada Nabi Daud A.S, kitab Injil yang diturunkan kepada Nabi Isa A.S. dan kitab Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW.

Keempat kitab tersebut adalah wahyu dari Allah SWT yang diturunkan kepada orang-orang yang terpilih.

Walaupun keempat kitab-kitab tersebut merupakan wahyu dari Allah SWT, namun antara Al-Qur’an dan ketiga kitab lainnya yaitu Taurat, Injil dan Zabul memiliki perbedaan.

Perbedaan antara Al-Qur’an dengan kitab-kitab sebelumnya adalah:

1- Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril yang ditunjukkan kepada seluruh umat manusia sebagai petunjuk hidup sampai hari kiamat nanti. Sedangkan kitab-kitab lainnya seperti Taurat, Injil dan Zabur diturunkan oleh Allah SWT untuk pedoman hidup bagi kaum tertentu dan dalam kurun waktu tertentu.

2- Al-Qur’an adalah kitab terakhir dan sekaligus sebagai kitab penyempurna dari kitab-kitab sebelumnya. Dengan demikian isi kandungan di dalam Al-Qur’an lebih sempurna di bandingkan kitab-kitab terdahulu.

3- Isi kandungan di dalam kitab Al-Qur’an masih terjaga keaslian dan kemurniannya. Sedangkan kitab-kitab lainnya sudah banyak perubahan sesuai dengan tuntutan, kebutuhan dan kepentingan penganutnya.

4- Kitab-kitab terdahulu sebelum Al-Qur’an diturunkan di dalam bahasa yang sudah mati sejak beberapa abad yang lalu, karena pada saat ini tidak ada satu bangsa dan negara pun yang dapat berbicara dan membaca dengan bahasa-bahasa itu dan hanya sedikit orang saja yang dapat mengerti.

Sedangkan Al-Qur’an diturunkan di dalam bahasa yang hidup karena pada masa ini masih banyak manusia yang dapat memahami dan berbicara dengan bahasa Qur’an.

5- Ayat-ayat di dalam Al-Qur’an memiliki sejarah yang dapat diketahui dengan jelas tentang kapan, dimana dan sebab turunnya ayat-ayat tersebut. Sedangkan ayat-ayat pada kitab-kitab lainya tidak dapat diketahui dengan jelas kapan, dimana dan sebab diturunkannya ayat tersebut. []

SUMBER

Leave a reply