Iqlab, Ini Pengertian dan Contohnya

Pengertian Iqlab

Iqlab yaitu salah satu dari hukum tajwid yang terjadi ketika ada huruf Nun Sukun ( نْ ) ataupun juga tanwin ( ــًــ, ــٍــ, ــٌــ ) yang ketemu dengan huruf hijaiyah Ba ( ب ) . Secara harfiah, Iqlab mempunyai arti menggantikan atau mengubah sesuatu dari bentuk aslinya.

Cara Membaca Hukum Iqlab

Cara membaca Iqlab yaitu dengan cara menggantikan / mengubah huruf نْ ataupun tanwin ــًــ, ــٍــ, ــٌــ jadi suara huruf mim sukun ( مْ ), oleh karenanya ketika nun mati ataupun tanwian akan bertemu dengan huruf ba (ب , maka bibir atas dan bibir bawah tersebut posisinya tertutup, dan juga diiringi dengan suara dengung kurang lebih 2 harakat.

Hukum Iqlab di dalam Al-Quran, biasanya sudah ditandai dengan huruf mim kecil ( م ) – dan huruf tersebut diletakkan di atas – antara نْ atau ــًــ, ــٍــ, ــٌــ dengan huruf ب .

Contoh Hukum Iqlab :

mambakhola
مَنْ بِخَلَ

yumbitu
يُنْبِتُ

Jazaa ambimaa
جَزَاءًبِمَا

Mim baaqiyatin
مِنْ بَاقِيَةٍ

ambatakum
اَنْبَتَكُمْ

‘awaanum baina
عَوَانٌنْ بَيْنَ

Contoh Hukum Iqlab Dalam Al Qur’an

Surat Yasin Ayat 52

قَالُوا يَاوَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِن مَّرْقَدِنَا هَذَا مَاوَعَدَ الرَّحْمَـُن وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ

Pada Surat Yasin ayat ke 52 diatas, yang berwarna merah adalah contoh dari Iqlab, dan ciri utamanya adalah nun sukun (mati) bertemu dengan huruf ba, dan dibaca mam ba’atsanaa.

Surat Yasin Ayat 69

وَمَاعَلَّمْنَاهُ الشِّعْرَ وَمَايَنْبَغِي لَهُ إِنْ هُوَ إِلاَّ ذِكْرٌ وَقُرْءَانٌ مُّبِينٌ

Pada Surat Yasin ayat ke 69 diatas, yang berwarna merah adalah contoh dari Iqlab, dan ciri utamanya adalah nun sukun (mati) bertemu dengan huruf ba, dan dibaca yambaghii.

Surat Tabarak ayat ke 11

فَاعْتَرَفُوا بِذَنْبِهِمْ فَسُحْقًا لأَصْحَابِ السَّعِيرِ

Pada Surat Tabarak ayat ke 11 diatas, yang berwarna merah adalah contoh dari Iqlab, dan ciri utamanya adalah nun sukun (mati) bertemu dengan huruf ba, dan dibaca bidzambihim. []

SUMBER

Leave a reply